Home » » Belajar IPS, Belajar Bermimpi

Belajar IPS, Belajar Bermimpi

Written By Kang Ade on Senin, 07 Januari 2013 | 16.20

Belajar IPS, Belajar Bermimpi 

 

 


Saat mendapat tugas membuat media pembelajaran, saya membuat media tentang Benua Asia yang didalamnya terdapat Negara Cina, India, dan Jepang. Ingatan saya melintas pada saya kecil saat masih duduk dibangku SD. Saya tak mengingat sedikitpun guru yang menjelaskan materi ini dengan luar biasa, padahal kalau saya pikir materi itu dapat menginspirasi anak didik hingga dapat mengantarkannya pada kesuksesan. Ga percaya? Lets check it out!
 Masih ingat dengan kisah Arai dalam Sang Pemimpi? Yap, sang guru Pak Belia telah menyihir Ikal, Arai dan Jimbron dalam penjelasannya tentang negara Prancis. Sehingga ketiga anak Belitung itupun ambisius dalam cita-cita mereka, sekolah ke Prancis. Dan alhasil, Ikal pun berhasil meraih mimpinya, menjadi almameter Sorbonne University.
Cerita lain terdapat dalam novel Negeri 5 Menara. Dimana Alif dan teman-temannya bermimpi untuk sekolah ke luar negeri setelah mendapat pelajaran berharga dari Ustad Salman. Alif pun berhasil menginjakkan kaki ditanah Amerika.
Masih banyak lagi kisah kesuksesan seorang anak manusia yang dihantarkan oleh gurunya. Disini tentu bukan peran guru yang biasa, namun peran guru yang luar biasalah yang dapat mengantarkan muridnya pada kesuksesan.
Materi pembelajaran IPS di SD banyak yang mengenalkan negara-negara di dunia. Mulai dari Benua Asia sampai Eropa. Anak akan terinspirasi dengan negara-negara yang guru perkenalkan jika sang guru mengemas pembelajaran dengan menarik. Tidak hanya menarik namun juga penuh motivasi untuk mengajak anak bermimpi. Anak yang sudah memiliki mimpi sedari kecil, bukankah pondasi awal untuk kesuksesannya? Zaman kini menuntut guru untuk tidak hanya memjejali anak dengan pengetahuan, namun membekali anak untuk kehidupannya kelak. Bekal itu adalah MIMPI, salah satu bekal yang dapat menemani anak untuk meraih masa depan gemilang. Melalui IPS lah, mimpi-mimpi itu lahir.
Saatnya menghipnotis anak didik saat memberikan pelajaran negara-negara didunia. Are you ready? I’m ready, Bismillah… Yuks cimingitt para calon guru dan Ibu/Bapak Guru…
 “Wallohu’alam bishowab”
Semoga bermanfaat.

SOURCE CERITA OLEH : FITRIANI Rahayu
Share this article :
 
Contact : Website Builder | Template Johny | By Kang-Ade
Copyright © 2011. SMA PGRI 83 Legok - All Rights Reserved
Template Created by Website Published by Design Mas Template
Proudly powered by Blogger